Ads (728x90)

z

Santapan Harian
Jumaat, 30/11/2012
Amos 7:10-17

Judul: Buruk muka cermin dibelah
Misalkan Anda sedang menumpang bis kota, lalu naik beberapa pengamen dan bernyanyi di sebelah Anda. Mereka bernyanyi dengan sangat merdu, diiringi petikan gitar yang mengalun apik. Lagu yang mereka bawakan pun lagu favorit Anda. Apa respons Anda? Tentu Anda akan mengapresiasi mereka, bahkan memberikan tip yang lumayan. Tapi andaikan pula situasi yang sama, dengan kualitas yang sama, tetapi liriknya diganti dengan kata-kata yang merinci berbagai kesalahan Anda secara pribadi. Akankah Anda mengapresiasi mereka juga? Tentu saja tidak.

Dengan alasan yang sama, penolakan Amazia, imam di Betel, atas pemberitaan Amos itu bisa kita maklumi. Inti pemberitaan Amos (11) niscaya membuat bangsa Israel resah. Respons negatif Amazia bisa kita katakan normal, karena pemberitaan seperti yang dilakukan Amos ini tak jarang membuahkan pembalasan berupa kekerasan di konteks lain. Padahal penyimpulan yang diambil Amazia tentang Amos keliru. Pertama. Amos tidak hendak melawan raja dan bangsa Israel (10); Amos hanya menaati perintah Allah yang menyuruh dia pergi ke Israel. Kedua, Amos tidak sedang mencari makan melalui nubuat-nubuatnya (12); ia bukan nabi profesional (14), yaitu mereka yang bernubuat di istana-istana raja dan mendapat dukungan keuangan dari kerajaan. Amazia tidak mau mengerti bahwa pemberitaan hukuman ini merupakan akibat langsung dari dosa-dosa Israel terhadap Allah, yaitu menginjak-injak keadilan dan kebenaran Allah. Sebagai imam, ia tak lagi mewakili umat di hadapan Allah, tetapi sekadar menjadi pemasok kebutuhan religiositas orang Israel, religiositas yang palsu dan jelas ditolak Allah.

Jika teguran Allah datang, kita harus peka dan siap menerima, baik itu disampaikan Allah melalui orang lain, ataupun melalui pembacaan firman secara langsung. Teguran tak boleh kita anggap penghinaan melainkan kesempatan dari Allah untuk kita bertobat, bahkan biarpun penghukuman itu tetap datang pada akhirnya. Jangan sampai penolakan atas Allah itu menjadi final, sebagaimana yang kita lihat terjadi pada Israel Utara (17).

Post a Comment