Ads (728x90)

z


Minggu, 9 Desember 2012
Mazmur 88
Judul: Fokus pada Tuhan
Mazmur keluhan biasanya memperlihatkan dinamika iman pemazmur. Mulai dengan keluhan karena masalah yang dihadapi, lalu disusul permohonan kepada Tuhan agar dilepaskan dari masalah. Perasaan pemazmur kemudian terangkat menjadi syukur atau pujian, bahkan keyakinan bahwa Tuhan pasti akan menolongnya. Lalu, perasaan itu tenggelam lagi dalam pergumulan karena pertolongan belum datang.

Mazmur 88 bisa dikatakan satu-satunya mazmur keluhan yang konsisten dengan perasaan bergumul serta doa permohonan agar disembuhkan. Dari awal hingga akhir suasana mazmur ini tampak sendu dan cenderung putus asa. Pemazmur merasa penyakit yang diderita akan berakhir dengan kematian. Ditambah lagi, orang-orang di dekatnya menjauh, ini jelas menambah beban batin pemazmur. Bahkan ia merasa Tuhan sendiri yang menekan dia dengan berat. Begitu berat penderitaan yang pemazmur alami, membuat ia seakan-akan 'memojokkan' Tuhan. Kalau Tuhan tidak menolong dan menyembuhkan dia, atau membiarkan dia mati, maka ia tidak akan bisa lagi memuji Tuhan atau bersyukur karena kebaikan-Nya.

Namun kita bisa melihat hal positif dari mazmur ini. Pemazmur memulai doanya dengan pernyataan bahwa Tuhan adalah Allah yang menyelamatkan dia. Pernyataan ini keluar dari pengalaman pemazmur di masa lampau. Seruan minta tolong yang berulang-ulang diajukan siang dan malam kepada Tuhan membuktikan bahwa pemazmur tidak memikirkan alternatif selain Tuhan sebagai sumber pertolongan.

Mazmur 88 adalah doa iman yang berfokus pada Tuhan. Walau situasi belum membaik, bahkan cenderung bertambah parah, iman pemazmur tetap ditujukan kepada Tuhan. Mazmur 88 mengajarkan doa yang benar, yaitu berfokus kepada Tuhan sebagai satu-satunya yang kita andalkan.

Post a Comment