Ads (728x90)

z

Santapan Harian
Matius 28:1-10

Judul: Kristus bangkit!
Bingung, senang, takut, mungkin perasaan itu yang berkecamuk dalam diri Maria Magdalena dan Maria yang lain ketika mereka tahu bahwa Yesus telah bangkit dari kematian. Dapat dibayangkan betapa bingungnya mereka ketika pagi hari mereka ingin menengok kubur Yesus, tetapi hanya bertemu dengan malaikat Tuhan yang berkata bahwa Yesus telah bangkit dari kubur.

Kebangkitan Kristus atau Paskah merupakan momen iman orang Kristen. Rasul Paulus dalam 1 Korintus 15:14 mengatakan "tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu". Kata-kata Paulus ini sangat jelas menggambarkan bahwa puncak iman orang Kristen adalah kebangkitan Kristus. Momen kebangkitan Kristus merupakan momen kemenangan akan berbagai hal. Yang pertama adalah kemenangan akan kematian. Lewat kemenangan akan kematian ini, manusia yang pada dasarnya adalah fana, dapat menembus kefanaannya dan memperoleh kehidupan yang kekal. Yang kedua, kemenangan akan kuasa kegelapan. Seorang bapak gereja, Gregorius dari Nyssa, mengilustrasikan kemenangan Yesus dengan gambaran bahwa Yesus adalah sebuah umpan dan kuasa kegelapan adalah ikan. Ikan tersebut dengan rakus memakan umpan kemanusiaan Yesus dan sekaligus terjerat ke-Ilahi-an Yesus, dengan begitu kuasa kegelapan dapat dikalahkan. Yang ketiga, kemenangan atas ketakutan dan kesedihan. Dapat kita lihat bahwa kesedihan dan ketakutan meliputi orang-orang terdekat Yesus, tetapi melalui kebangkitan-Nya, ketakutan dan kesedihan tersebut sirna.

Gereja menempatkan peristiwa Paskah sebagai yang paling agung dari kalender gerejawi. Baiklah kita sebagai murid-murid Yesus masa kini dapat menghayati makna kebangkitan dan menghidupi panggilan kita sebagai orang-orang yang telah diselamatkan.

Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/santapanharian/home.php?d=2013/03/31/

__________
Santapan Harian / e-Santapan Harian
Bahan saat teduh yang diterbitkan secara teratur oleh Persekutuan Pembaca Alkitab (PPA) dan diterbitkan secara elektronik oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
© 1999-2012 Yayasan Lembaga SABDA (YLSA).
Isi boleh disimpan untuk tujuan pribadi atau non-komersial. Atas setiap publikasi atau pencetakan wajib menyebutkan alamat situs SABDA.org sebagai sumber tulisan dan mengirim pemberitahuan ke webmaster@sabda.org

Post a Comment